Cara Merawat Mobil BMW, Yuk Simak!

May 2023

cara merawat mobil bmw

BMW merupakan merek mobil premium asal Jerman yang bisa dipinang oleh kalangan tertentu saja. Citra tersebut kemudian melahirkan anggapan bahwa produk-produk BMW memerlukan perawatan ekstra dengan biaya selangit. Padahal, cara merawat mobil BMW tak jauh berbeda dengan mobil pada umumnya.

Tips Merawat Mobil BMW

Perawatan umum yang harus diketahui oleh semua pemilik mobil BMW adalah harus rajin menyalakan mesin meskipun jarang dipakai. Hal ini guna menjaga sirkulasi pada bagian mesin. Tak harus setiap hari, 2-3 kali per minggu pun sudah cukup.

Selain rutin memanaskan mesin, ada beberapa cara lain merawat mobil pabrikan BMW. Berikut di antaranya:

1. Rutin membersihkan eksterior dan interior

Terlepas dari mereknya, setiap mobil wajib dibersihkan secara berkala. Hal ini juga berlaku untuk mobil-mobil BMW. Jika mobil jarang dibersihkan, bagian tertentu bisa saja berjamur atau bahkan berkarat. Apalagi buat mobil warna hitam, flek noda mudah menempel jika jarang dicuci.

Jadi, rajin-rajinlah mencuci mobil. Tak hanya bagian eksteriornya saja, bagian dalamnya juga perlu dibersihkan. Mulai dari kabin hingga area mesin, semua wajib bersih. Ini agar interior mobil bebas bau dan bakteri.

2. Rutin melakukan pengecekan

Rutin melakukan servis adalah salah satu cara merawat mobil BMW. Untuk poin satu ini, Anda sebagai pemilik mobil wajib memahami panduan dalam manual book. Di situ sudah ada penjelasan mengenai pada kilometer berapa mobil wajib di servis. Servis rutin wajib dilakukan di bengkel yang tepercaya atau kalau memungkinkan di bengkel resmi BMW.

Saat servis, semua bagian mobil akan dicek oleh teknisi profesional. Mulai dari oli hingga suspensi rem, tak ada satu pun yang boleh dilewatkan. Penggantian oli dilakukan bila mobil sudah mencapai kilometer tertentu. Sementara pengecekan sistem pengereman dilakukan untuk memastikan keamanan dalam berkendara.

3. Periksa radiator secara berkala

Radiator berfungsi untuk menjaga suhu normal pada mesin. Untuk itu, cairan di dalamnya harus rutin diganti. Tujuannya tak lain agar radiator bekerja secara optimal. Sebab, bila cairan radiator habis, kerusakan bisa saja terjadi pada mesin mobil akibat overheat. Jadi, jangan sampai cairannya habis, bila indikator suhu bergerak ke tanda merah, saatnya untuk mengganti cairan.

4. Cek sistem kelistrikan mobil

Cara merawat mobil BMW yang satu ini juga tak boleh tidak dilakukan. Sistem kelistrikan mobil ada kaitannya dengan aki. Umumnya, aki harus diganti jika kilometer mobil sudah mencapai 50.000 kilometer. Namun bisa saja kurang atau mungkin lebih dari itu, tergantung jenis perawatannya.

Selain pada aki, cek pula sistem kelistrikan lainnya. Di antaranya kabel dan sekring mobil. Upayakan tak ada sedikit pun saluran kabel yang terputus. Ini guna mencegah terjadinya arus pendek atau korsleting.

5. Pilih bahan bakar yang tepat

Dalam manual book BMW juga dicantumkan bahwa mobil-mobil BMW memerlukan bahan bakar khusus. Lebih tepatnya adalah bahan bakar dengan nilai oktan yang tinggi. Semakin tinggi oktannya, semakin irit bahan bakar.

Di sisi lain, mesin mobil juga menjadi jauh lebih bersih. Bahan bakar beroktan tinggi juga membuat proses pembakaran menjadi lebih sempurna. Dengan begitu, risiko premature combustion dapat dicegah.

Itu tadi cara merawat mobil BMW. Seperti yang sudah disebutkan, pengecekan rutin mobil BMW bisa dilakukan di bengkel tepercaya atau bengkel resmi BMW. Salah satunya adalah di BMW Tunas yang berada di cabang berikut ini:

Apabila Anda ingin melakukan servis BMW Anda di BMW Tunas, Anda bisa melakukan reservasi di sini.

Featured News
GIIAS 2024: Ajang Otomotif Bergengsi di Indonesia Kembali Hadir!

GAIKINDO Indonesia International Auto Show (dikenal dengan akronim “GIIAS”) adalah sebuah ajang pameran tahunan yang menampilkan pencapaian industri otomotif Indonesia yang diiniasi pada tahun 1986. Penggemar otomotif tanah air menanti

Learn More
ConnectedDrive-BMW
Fitur Connected Drive BMW Jadi Titik Evolusi Teknologi Terkini

BMW secara eksklusif memperkenalkan teknologi terbarunya yaitu ConnectedDrive sebagai upaya  meningkatkan pengalaman berkendara pengguna BMW sekaligus titik evolusi baru BMW. Inovasi ini memungkinkan pengguna BMW merasakan integrasi serta mengakses seluruh

Learn More
40th BMW Tunas
BMW Tunas Exclusive 40th Birthday

RAYAKAN 40 TAHUN, BMW TUNAS HADIRKAN PROMO 20%+ 20% Sebagai bentuk apresiasi PT Tunas Ridean atas dukungan dan kepercayaan konsumen Indonesia selama 40 tahun ke belakang, Tunas merayakan ulang tahun

Learn More
Mobil Listrik BMW
Mobil Listrik BMW: Mobil Masa Depan untuk Generasi Z

Penggunaan bahan bakar fosil mulai menunjukkan berbagai efek negatif terhadap bumi dan keberlangsungan hidup manusia. Beberapa permasalahan yang muncul antara lain pencemaran udara, pencemaran air, pengasaman laut, dan perusakan tanah.

Learn More