BMW 520i vs BMW 530i, Mana yang Cocok Buat Anda?

May 2023

BMW 520i vs BMW 530i, Mana yang Cocok Buat Anda

BMW Seri 5 merupakan sedan eksekutif tersukses di seluruh dunia. Pada 2021, dua varian teranyarnya, yakni 520i dan 530i, resmi masuk ke pasar Indonesia. Keduanya sama-sama hadir dengan karakter yang dinamis khas Seri 3 dan desain mewah khas Seri 7.

Namun baik 520i atau 530i, keduanya ditujukan untuk konsumen dengan kebutuhan yang berbeda. Satu buat yang suka gaya sporty dan satunya lagi untuk konsumen yang suka nuansa elegan.

Eksterior BMW 520i dan 530i

Eksterior BMW 520i dan 530i - BMW Adaptive LED

 

Kesan elegan, tegas, dan sporty dengan kidney grills khas BMW melekat kuat pada eksterior BMW Seri 5 varian 530i dan 520i. Teknologi di bagian eksterior juga mendapatkan peningkatan. Di antaranya ada Adaptive LED pada lampu depan dan BMW Laserlight yang mampu menyinari jarak kurang lebih 530 meter.

 

Eksterior BMW 520i dan 530i - BMW Velg

Untuk bagian roda, BMW 520i memiliki velg berukuran 19 inci. Desainnya Y spoke dan terbuat dari aloi dengan kelir gelap. Sementara itu, varian 530i hadir dengan velg 19 inci juga namun dengan desain W spoke dan berkelir terang.

Pada bagian buritan, keduanya menggunakan penutup knalpot dari trapesium. Warnanya abu-abu dengan pinggiran berupa trim. Bedanya, 530i dilengkapi chrome bars untuk menambah kesan mewah.

Interior BMW 530i dan 520i

Interior BMW 530i dan 520i - BMW Control Display

Baik 520i maupun 530i, keduanya memiliki Control Display dengan ukuran 12,3 inci. Fitur ini menghadirkan beragam opsi hiburan dan pengendaraan. Selain itu juga ada BMW Operating System 7 untuk mendukung koneksi wireless dengan smartphone Apple dan Android. Kontrol suara otomatis “Hey BMW” dan gesture control juga disematkan ke kedua varian Seri 5 ini.

BMW 530i memiliki interior jok yang mewah karena menggunakan Leather ‘Dakota’. Material tersebut menyatu secara apik dengan aksen Fine-wood dan Sensatec di dashboard dan door-trim. Bagian kursinya juga dilengkapi dengan fitur Comfort Seats sehingga bisa diatur secara otomatis.

Untuk varian 520i, bagian joknya juga material kulit khas BMW Seri 5 M. Bagian atapnya terbuat dari finisher krom dan aluminium berwarna abu-abu. Ini membuat tampilan interiornya lebih sporty dibandingkan 530i.

Fitur dan Spesifikasi 520i dan 530i

BMW 520i memiliki mesin 2,0 liter TwinPower Turbo 4-silinder. Kapasitas ini mampu menghasilkan tenaga mencapai sekitar 184 HP dan torsi maksimum 290 Nm. Ditambah transmisi otomatis 8 percepatan, 520i mampu melaju hanya dalam sekitar 7,8 detik dari 0 sampai 100 km/jam.

Sementara untuk BMW 530i, mobil ini memiliki konfigurasi mesin yang serupa dengan 520i. Namun tenaga yang dihasilkan lebih besar, yakni 252 HP dan torsi maksimum 350 Nm. Masih menggunakan 8 percepatan juga, 530i mampu melesat hanya dalam 6,1 detik dari 0 hingga 100 km/jam.

Selain dari mesin, fitur keamanan juga disediakan di kedua Seri 5 ini. Di antaranya fitur Park Assistant (520i) dan Park Assistant Plus (530i). Keduanya membantu pengendara untuk memanuver mobil saat akan parkir. Di samping itu juga ada fitur keselamatan seperti Lane Change Warning dan Lane Departure Warning yang hanya hadir pada varian 530i.

Baca juga: BMW 5 Series Sedan

Harga BMW 520i dan BMW 530i

Bicara soal harga, varian 520i dibanderol mulai dari 1,2 miliar untuk on-the-road. Sementara untuk harga BMW 530i, dihargai sekitar 1,5 miliar untuk versi on-the-road. Nah, mana yang pas buat Anda? Jawabannya tentu tergantung pada kebutuhan dan bujet masing-masing. Mau yang sporty, ambil 520i. Mau yang elegan dengan performa luar biasa? Varian 530i jawabannya.

Featured News
Mobil Listrik BMW
Mobil Listrik BMW: Mobil Masa Depan untuk Generasi Z

Penggunaan bahan bakar fosil mulai menunjukkan berbagai efek negatif terhadap bumi dan keberlangsungan hidup manusia. Beberapa permasalahan yang muncul antara lain pencemaran udara, pencemaran air, pengasaman laut, dan perusakan tanah.

Learn More
BMW Fast Lane Service
Servis BMW Praktis dalam 90 Menit dengan Fast Lane Service

Salah satu alasan yang membuat pemilik mobil malas melakukan servis rutin kendaraannya adalah karena keterbatasan waktu. Proses servis yang biasanya memakan waktu selama beberapa jam dianggap dapat menghambat mobilitas pengguna

Learn More
BMW Service.
Tak Perlu Repot ke Bengkel, Sekarang Bisa Servis Mobil BMW di Rumah.

Di tengah kesibukan dan rutinitas sehari-hari, terkadang kita lupa merawat mobil. Tahu-tahu, ada masalah muncul. Entah itu perpindahan gigi yang nyangkut, kegagalan sistem pendingin, ban kempes, roda bunyi bising, atau

Learn More
bmw x3 technical data
Punya Desain Elegan dan Mewah, Ini 5 Kelebihan SAV Sporty BMW X3

SAV atau SUV menjadi salah satu kendaraan favorit masyarakat Indonesia. Tak cuma memiliki performa mesin andal, tetapi juga disertai dengan kapasitas penumpang cukup banyak. Salah satu mobil SAV dari BMW

Learn More